BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 09 Februari 2016

Tiap Tahun, Ribuan Orang Kritik Isi Berita ke Dewan Pers


 Oleh : Harry Siswoyo, Moh Nadlir
VIVA.co.id – Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengungkapkan bahwa setiap tahun, pihaknya menerima ratusan bahkan ribuan keluhan masyarakat terkait pemberitaan media massa, baik media cetak, radio dan televisi.
"Setiap tahun, tidak kurang dari 750 sampai 1.000 keluhan disampaikan masyarakat kepada Dewan Pers," kata Bagir di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Lombok-Nusa Tenggara Barat, Senin, 8 Februari 2016.
Menurut Bagir, masyarakat menilai bahwa suatu siaran berita merugikan atau tidak mengandung kebenaran. Keluhan-keluhan itu disampaikan selain untuk membela hak, juga menunjukkan kesadaran masyarakat untuk membedakan antara siaran jurnalistik dan nonjurnalistik.
Disadari atau tidak, peran aktif masyarakat  menyampaikan keluhan ke Dewan Pers itu, kata Bagir merupakan bentuk melindungi kemerdekaan pers di Indonesia.
"Kesadaran masyarakat untuk membela hak terhadap pemberitaan siaran media itu patut diapresiasi. Masyarakat semakin sadar informasi yang mutakhir. Baik untuk sekedar mengetahui maupun sebagai bagian dari aktivitas, seperti aktivitas politik, ekonomi dan lain sebagainya," katanya.

Tidak ada komentar: