BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 11 Februari 2016

Selidiki Sebab Jatuhnya Pesawat Super Tucano, TNI AU Bentuk Tim Investigasi

Idham Kholid - detikNews
Jakarta - TNI Angkatan Udara membentuk Tim Investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat Super Tucano di Malang, Jawa Timur. Penyebab jatuhnya pesawat latih itu masih menunggu hasil penelurusan tim.

"Kita punya tim yang diketuai oleh Kepala Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja (Kadislambang) TNI AU, bentuk tim dari bermacam-macam bidang yang ahli di bidangnya," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama Dwi Badarmanto saat dihubungi detikcom, Kamis (11/2/2016).

Dwi mengungkap tidak boleh menduga-duga soal penyebab jatuhnya pesawat itu. Dia berharap tim dapat segera menguak penyebabnya.

"Penyebabnya kita belum tahu, enggak boleh menduga-duga kan, kita tunggu saja tim untuk bekerja, lebih cepat lebih baguslah. Tim sudah bekerja sejak kemarin," tandasnya.

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya meminta semua pihak tak berspekulasi dengan penyebab jatuhnya pesawat Super Tucano TT-3108 di Malang, Jawa Timur. Saat ini investigasi sedang dilakukan.

"Soal pesawat itu jatuh lagi dicari keterangan apakah engine failure atau pilot error. Yang jelas itu memang ini lagi test pilot ini karena lagi perbaikan. Sebenernya terlalu early untuk kasih statement," kata Luhut di Istana Negara, Jl Veteran, Jakpus, Rabu (10/2).

Luhut meminta agar semua pihak tidak menghubung-hubungkan jatuhnya pesawat latih buatan Brasil itu dengan kondisi pesawat yang masih baru. Menurutnya, kecelakaan bisa terjadi pada pesawat dalam kondisi apapun.
(idh/bag) 

Tidak ada komentar: