BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 25 April 2011

Menkeu Desak Perbaiki Rekrutmen Pegawai Bank

JAKARTA—Pembobolan dana Rp111 miliar milik PT Elnusa Tbk di PT Bank Mega Tbk, membuat prihatin Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Apalagi kasus pembobolan dengan nilai miliaran ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, dunia Perbankan Indonesia juga dikejutkan dengan kasus Malinda Dee yang berhasil membobol dana nasabah City Bank.

Pada wartawan di Jakarta, Senin (25/4), Agus mengatakan kasus pembobolan Bank ditengarai bisa mulus berlangsung, karena adanya permainan oknum di internal Bank tersebut. Karena itu kedepan, diperlukan pembenahan sistem rekrutmen manajemen Bank.

‘’Ke depan rekrutmennya harus dilakukan dengan baik, penegakan hukum harus tegas. Kalau saya melihat, Elnusa itu sampai kebobolan karena oknum. Apalagi sangat disayangkan dilakukan oleh Direkturnya,’’ kata Agus.

Evaluasi sistem rekruitmen dan penegakan hukum bagi oknum yang terlibat kata Agus, sudah menjadi keharusan. Termasuk mengenali track record seseorang sebelum diberikan jabatan pimpinan di sebuah Bank. ‘’Perlu regulator atau Bapepam harus menegakkan proses fit and proper test agar tak diisi oleh Direktur yang memiliki karakter buruk. Kalau hukum ya harus dipidana dengan keras,’’ tegas Agus.

Sebagaimana diketahui, saat ini pihak kepolisian telah mengamankan Direktur Keuangan Bank Mega berinisial SN, terkait kasus pembobolan Bank bernilai miliaran ini. Polisi juga mengamankan lima tersangka lainnya, termasuk Kepala Cabang Bank Mega Jababeka berinisial IHB.(afz/jpnn)

Tidak ada komentar: