BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 25 Juni 2012

Islam Larang Aksi Bakar Diri

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Hasyim Muzadi menegaskan bahwa dalam agama Islam melarang aksi bakar diri untuk tujuan apapun. Hal ini sekaligus menjawab adanya rencana Kelompok Serikat Tani Riau yang berniat melakukan aksi bakar diri di Jakarta memprotes pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Pulau Padang.

"Untuk tujuan apapun, aksi bakar diri tidak dibenarkan. Manusia dikasih akal untuk menyelesaikan masalah dan bukan lari dari masalah dengan melakukan aksi anarkis, seperti bakar diri," katanya.

Bahkan dirinya menilai aksi bakar diri juga tidak pantas dilakukan oleh orang-orang yang mengaku beragama. Pasalnya aksi menyakiti diri sendiri seperti itu tidak akan pernah menyelesaikan masalah.

Sebelumnya tujuh orang petani Pulau Padang, Provinsi Riau mengancam akan melakukan aksi bakar diri di depan Istana Negara, Jakarta Pusat terkait dengan protes terhadap ketidakpedulian pemerintah pada aspirasi warga Pulau Padang. Aksi tersebut merupakan simbol protes, karena pemerintah tidak mau mendengarkan aspirasi mereka.

Tidak ada komentar: