BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 29 Juni 2012

KPK Geledah Rumah Zulkarnain Djabar di Bekasi Terkait Korupsi Alquran

Fajar Pratama - detikNews

Jakarta KPK saat ini tengah menggeledah Kementerian Agama terkait dugaan korupsi pengadaan Alquran. Bukan hanya itu, penyidik juga bergerak ke kediaman anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Golkar, Zulkarnain Djabar, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

"Benar, saat ini sedang dilakukan penggeledahan," kata Ketua KPK, Abraham Samad, di Jakarta, Jumat (29/6/2012).

Informasi yang dikumpulkan, penyidik KPK sudah berangkat sejak pagi tadi ke rumah Zulkarnain di Jl Cendrawasih, Kelurahan Jati Cempaka, Bekasi. Selain menerjunkan penyidik, KPK juga akan dibantu oleh anggota Brimob untuk pengamanan.

KPK sebelumnya telah menetapkan anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Golkar, Zulkarnain Djabar, sebagai tersangka dalam kasus ini. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya telah meningkatkan kasus tersebut ke penyidikan dan menerbitkan surat perintah dimulainya penyidikan (Sprintdik) terhadap Zulkarnain.

Dalam kasus di ini, KPK menelusuri dua dugaan tindak pidana korupsi yakni dugaan transaksi suap terkait pembahasan anggaran pengadaan dan dugaan korupsi pada proses pengadaan Alquran. Diduga Zulkarnain dijerat atas gratifikasi.

Gratifikasi diduga sebagai bentuk imbalan atas upaya pemenangan perusahaan penggarap proyek tersebut. Sebab Zulkarnain aktif membahas anggaran Rp 35 miliar itu.

Wakil Ketua KPK Zulkarnaen hanya menegaskan politikus Golkar tersebut telah diselidiki oleh penyelidik KPK.

"Ya sedang ditelusuri perannya lebih jauh, memang kita ada penyelidikan selama ini," kata Wakil Ketua KPK Zulkarnaen singkat.

Tidak ada komentar: