Pandeglang (ANTARA News) - Anggota DPR-RI Tb Dedi Suwandi Gumelar yang akrab disapa Miing mengajak masyarakat Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, terlibat dalam pembangunan, terutama bidang pendidikan dan kebudayaan.

"Setiap reses saya turun ke daerah, dan pada setiap kesempatan saya selalu mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam pembangunan, terutama bidang pendidikan dan kebudayaan," katanya di Pandeglang, Sabtu.

Dedi, memanfaatkan sembilan hari masa reses untuk berinteraksi dengan masyarakat di daerah pemilihannya, yakni Kabupaten Pandeglang dan Lebak.

"Memajukan pendidikan dan kebudayaan bukan hanya kewajiban pemerintah, tapi semua pihak, termasuk masyarakat," kata politisi dari PDI Perjuangan tersebut.

Miing, menggagas pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertambangan dan Kelautan di Kabupaten Pandeglang, yang rencananya dibangun di Kecamatan Cibaliung.

Gagasan tersebut, kata dia dilandasi banyaknya potensi sumber daya alam pertambangan dan kelautan di Kabupaten Pandeglang, terutama di wilayah selatan.

Menurut dia, setelah ada sekolah pertambangan diharapkan akan muncul generasi muda yang memiliki kemampuan dibidang tersebut sehingga potensi tambang di daerah itu bisa dikelola secara maksimal.

"Saya kira untuk daerah yang kaya dengan potensi tambang, seperti Pandeglang, perlu ada sekolah pertambangan," katanya.

Untuk memajukak kebudayaan, Miing juga memperjuangkan agar pemerintah membangun gedung kesenian di Pandelang, dan dapat respon. Rencananya akan direaliasikan pada 2012.

Dedi mengaku, prihatin setelah melihat kondisi Balai Budaya Pandeglang yang tidak representatif serta minim sarana dan prasarana.

"Saya sudah melihat Balai Budaya Pandeglang yang kurang memadai, karena itu kita minta Dinas Kebudayaan dan Periwisata setempat untuk mengusulkan pembangunan gedung kesenian pada pemerintah pusat.

Setelah usulan masuk, ia mengaku melakukan pendekatan pada Kementerian Pariwisata dan Ekonmi Kreatif dan hasilnya usulan tersebut disetujui.

Miing juga mengaku, berkomitmen untuk memajukan seni dan kebudayaan, termasuk di Kabupaten Pandeglang dan semakin maju dan berkembang.