Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, menjelaskan, pihaknya tidak pernah menerima permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) atas nama Neneng Sri Wahyuningsih, buronon KPK sejak Agustus 2011.

"KBRI Kuala Lumpur tidak pernah menerima permohonan itu dan tentunya tidak pernah juga mengeluarkan SPLP atas nama istri dari Nazaruddin tersebut," kata Kepala Bidang Penerangan, Sosial, Budaya KBRI untuk Malaysia Suryana Sastradiredja di Kuala Lumpur, Rabu.

Menurut dia, jika Neneng menggunakan paspor dengan nama asli dan pemerintah Malaysia bertindak benar, maka tentunya Neneng tidak akan lolos dari imigrasi Malaysia sebab paspornya sudah dicabut dan bila ingin pulang harus meminta SPLP dari perwakilan RI di Malaysia.

Sepengetahuannya, apabila ada buronan yang sudah dicabut paspornya, berarti yang bersangkutan stateless atau tetap WNI bila meminta dokumen untuk pulang yaitu SPLP.

Jadi, kata dia, perlu dicari tahu, apakah Neneng balik ke Indonesia itu menggunakan nama palsu. Sebab bila itu dilakukannya maka pencabutan paspor dia tidak ada artinya.

"Bila Neneng menggunakan untuk keluar dengan nama palsu tersebut, otomatis nomor palsu juga tidak dicabut yang artinya tetap berlaku," ungkapnya.

Di sisi lain, bila pemberitahuan pencabutan paspor atas nama Neneng tidak sampai di tingkat bawah petugas imigrasi maka Neneng bisa lolos dalam pemeriksaan imigrasi di Malaysia sewaktu mau ke Indonesia.

Oleh karena itu, kata dia, perlu menunggu hasil pemeriksaan dari pihak KPK ataupun kepolisian, apakah Neneng menggunakan dokumen asli atau palsu.

"Kalau dokumenya asli tentu kita menyayangkan bisa lolos, tapi kalau menggunakan nama palsu tentunya dia dapat lolos," kata Suryana.

Dua Warga Malaysia

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan dua pria yang diduga berkewarganegaraan Malaysia terkait penangkapan Neneng Sri Wahyuningsih.

Pimpinan KPK Bambang Widjojanto mengatakan KPK masih mendalami keterlibatan kedua orang yang diduga berkewarganegaraan Malaysia tersebut dengan melakukan pemeriksaan 1x24 jam.

"Kepastian tentang siapa kedua orang itu dan apakah perannya terkait buronnya Neneng, belum bisa kita jawab karena masih perlu pendalaman lagi," ujar Bambang.

Menurut dia, penyidik KPK yang melakukan pengintaian sejak Neneng berlabuh dan bermalam di Batam, kedua pria tersebut diduga memang bersama istri Nazaruddin.

Mereka berdua, lanjutnya, diduga masih bersama Neneng dan baru berpisah setibanya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Sementara itu, pimpinan KPK lainnya Busyro Muqoddas mengatakan, dua pria diduga warga Malaysia yang ikut bersama Neneng tersebut berinisial H dan A.

Salah satu pria tersebut setelah diikuti mendatangi Lapas Cipinang, diduga sempat menemui M Nazaruddin.

KPK akan melakukan hal sama terhadap kedua orang tersebut dengan melakukan pemeriksaan 1x24 jam. Jika benar keduanya terkait dengan pelarian Neneng maka KPK akan memprosesnya, namun jika tidak, akan diserahkan pada kepolisian.

Sementara itu, Neneng Sri Wahyuningsih yang telah buron sejak Agustus 2011 berhasil ditangkap KPK di rumahnya di Pejaten, Jakarta Selatan, sekitar pukul 15.30 WIB. Saat ini istri Nazaruddin sedang menjalani pemeriksaan KPK selama 1x24 jam dan akan langsung dilakukan penahanan yang rencananya ditempatkan di Rutan KPK.