BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 23 Juli 2012

MUI desak minuman keras ditertibkan

Timika, Papua (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika mendesak pemerintah daerah dan polisi menertibkan perjudian, tempat hiburan malam dan penjualan minuman keras di kota Timika.

"Kita sudah berkomitmen bahwa minuman keras, tempat hiburan malam dan segala bentuk perjudian harus ditertibkan, apapun model yang berkembang di Timika," kata Ketua MUI Mimika Ustaz Amin AR SAg di Timika, Senin.

Amin mengkhawatirkan kelompok masyarakat melakukan "sweeping" jika tempat penjualan minuman keras, aneka praktik perjudian dan tempat hiburan malam berkedok judi masih tetap buka selama Ramadan.

"Sebelum terjadi sweeping oleh masyarakat maka pihak kepolisian bersama Pemda harus bergerak cepat mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama," ujarnya.

Ia menengarai ada unsur kesengajaan dari orang-orang tertentu yang tetap menjual minuman keras, membuka tempat hiburan malam berkedok perjudian selama Ramadan ini.

MUI juga meminta polisi melarang penjualan petasan dan kembang api karena mengganggu ketertiban umum dan bisa mencelakakan orang.

"Kami sudah sampaikan di masjid-masjid agar umat Islam tidak boleh menjual petasan dan kembang api karena hal itu dalam ajaran Islam tidak dibenarkan," katanya.

Bupati Mimika sendiri sudah mengeluarkan instruksi Nomor 1 Tahun 2012 tentang Larangan Penjualan Minuman Beralkohol, pembatasan waktu tempat hiburan dan penimbunan bahan makanan selama Ramadan, namun berdasarkan pantauan selama tiga hari waktu pelaksanaan puasa, instruksi tersebut belum dilaksanakan maksimal.

Instruksi Bupati Mimika Nomor 1 tahun 2012 yang ditandatangani Wakil Bupati Abdul Muis, 9 Juli lalu, meminta pemilik bar, diskotik, kafe, panti pijat atau klab malam, tempat hiburan biliar dan para pedagang serta distributor minuman keras dan bahan kebutuhan pokok untuk tidak menjual minuman keras.

Selain itu, tempat-tempat hiburan diminta untuk memperhatikan jam buka-tutup yakni buka mulai pukul 21.00 WIT dan tutup pukul 23.00 WIT.

Tidak ada komentar: