BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 23 Juli 2012

Stasiun Manggarai diperketat selama Ramadan

Jakarta (ANTARA News) - Stasiun Manggarai, Jakarta, akan mengintensifkan penjagaan kemanan dan ketertiban selama Ramadan dengan menambah jumlah petugas keamanan dua kali lipat.

"Asalnya kita hanya punya sembilan, tapi digandakan dan ditambah satu pengawas dan polisi khusus menjadi 21 petugas yang akan berpatroli di siang hari untuk mengantisipasi keramaian," kata Kepala Stasiun Manggarai Suratman di Jakarta, Senin.

Menurut Suratman pihaknya sudah sejak Sabtu menertibkan pedagang kaki lima sekitar Stasiun Manggarai.

"Seperti hari Sabtu kemarin dikirim 30 personel petugas keamanan dalam dari SM Kam (Senior Manajer Kemanan) untuk menertibkan Pedagang Kaki Lima di dalam sini," kata Suratman.

Arha Abdulrahman , warga pengguna  jasa Commuter Line melalui Stasiun Manggarai, mengatakan penjagaan keamanan dan ketertiban perlu ditingkatkan terutama patroli dari petugas keamanan dalam (PKD), termasuk pedagang yang tidak tertib

"Di semua stasiun sudah cukup tertib, tapi di sini belum," katanya.

Senada dengan Arha, Bambang, penumpang yang berprofesi sebagai karyawan swasta mengatakan tiket kereta komuter yang akan naik per 1 Oktober nanti harus diiringi dengan ketegasan petugas kereta api dalam menindak pelanggaran tata tertib seperti penumpang yang duduk di atap gerbong.

"Peraturan tentang ketertiban hanya di permukaan saja selama ini, setiap hari banyak penumpang yang duduk di kereta," katanya.

Bambang juga mengimbau manajemen Stasiun agar memberdayakan pedagang kaki lima dengan menempatkan mereka dekat stasiun.

"Jangan diusir, tapi diberdayakan, jangan kemudian malah mempersilakan pedagang kelas menengah atau atas seperti minimarket mengisi lahan mereka," katanya.

Setiap hari, sekitar 10 ribu hingga 11 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Manggarai menuju Bogor, Depok, dan Bekasi. Lebih dari 50 persen adalah pelaju ke Bogor dan Depok yang berjumlah sekitar 7.000 penumpang setiap hari.

Tidak ada komentar: