BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 28 Juli 2012

Pemerintah jamin perbaikan jalan tuntas sebelum Lebaran

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pekerjaan Umum memastikan sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan yang masuk dalam program perbaikan dapat diselesaikan sebelum Lebaran.

"Perbaikan sejumlah jembatan dan jalan sudah harus selesai pengerjaannya sehingga tidak ada lagi yang sampai mengganggu kelancaran arus mudik," kata Menteri PU Djoko Kirmanto, di sela Rapat Terbatas Kabinet, di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat.

Menurut Djoko, pihaknya melalui Ditjen Bina Marga terus melakukan pemantauan di lapangan terutama di sejumlah jalan dan jembatan yang menjadi target perbaikan.

"Saya terus melakukan pengecekan. Masing-masing dua jembatan di Jawa Barat dan Jawa Tengah seharusnya sudah selesai sebelum Lebaran ini," ujarnya.

Ia menambahkan, khusus daerah-daerah yang rawan longsor dan banjir Bina Marga akan menyiapkan alat berat. Sejumlah lokasi di sepanjang Tegal-Banyumas-Purwokerto ada yang rawan longsor. Pihaknya juga menyediakan peta yang menggambarkan titik rawan longsor dan banjir.
"Alat berat disiagakan agar sewaktu-waktu terjadi longsor langsung dapat diatasi," ujarnya.

Secara keseluruhan diutarakan Djoko, perbaikan jalan dan jembatan sudah disesuaikan dengan anggaran pemerintah.

"Jadi perbaikan bukan karena memasuki Lebaran saja, tetapi sepanjang waktu. Jalan atau infrastruktur punya umur layanan, jadi kalau rusak harus secepatnya diperbaiki atau bahkan dibangun baru," ujarnya.

Djoko menyatakan, pada 2012 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan nasional di seluruh Indonesia mencapai Rp30 triliun, 70 persen di antaranya untuk pembangunan jalan, selebihnya antara lain sekitar Rp5 triliun-Rp7 triliun untuk pemeliharaan rutin, dan Rp1 triliun untuk pengadaan lahan proyek jalan.

Tidak ada komentar: