BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 24 April 2013

Cegah Bentrok, Polda Jabar Terjunkan Personel ke Rumah Susno

Andri Haryanto - detikNews

Jakarta - Proses eksekusi Komjen (Pur) Susno Duadji oleh Kejagung sempat berjalan 'panas'. Ada beberapa personel polisi yang berada di lokasi eksekusi untuk menjaga situasi tetap kondusif.

"Karena situasi agak panas, anggota hadir di sana untuk menjaga keamanan. Yang jelas kehadiran di sana supaya tidak terjadi bentrok," kata Kapolda Jabar Irjen TB Anis Angkawijaya saat dikonfirmasi wartawan via telepon, Rabu (24/4/2013).

"Kita wajib melindungi Pak Susno, dalam hal ini melindungi sebagai warga masyarakat. Tugas kepolisian melindungi warganya," imbuh Anis di tengah rapat pengamanan peringatan Mayday di Polda Jabar.

Menurut Anis, hingga saat ini belum ada pemberitahuan dari Kejaksaan selaku eksekutor untuk meminta bantuan Polri terkait perbantuan eksekusi. "Sampai saat ini belum ada pemberitahuan dari jaksa," ujarnya.

Anis membantah, tidak diturunkannya personel untuk membantu eksekusi karena Susno pernah menjabat Kapolda di Jabar.

"Oh tidak, kalau itu warga negara, wajib melindungi. Maka dari itu diterjunkan pengamanan untuk mencegah bentrok," ujarnya.

Jaksa datang sekitar pukul 10.25 WIB untuk mengeksekusi Susno atas putusan MA yang memvonis Susno 3,5 tahun penjara atas korupsi Pilkada Jabar 2008. Namun hingga pukul 14.30 WIB eksekusi belum bisa dilakukan. Jaksa masih menunggu tim pengacara.

Tidak ada komentar: