BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 26 April 2013

Kapolda Sempat Menolak Pertemuan Susno dan Jaksa di Mapolda Jabar

Baban Gandapurnama - detikNews

Jakarta - Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya sempat menolak pertemuan antara tim eksekutor dari kejaksaan dan Susno Duadji digelar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung pada Rabu malam 24 April 2013. Proses negosiasi berlangsung alot dan tidak menemukan titik temu. Tim ekekutor pun gagal memboyong terpidana korupsi Susno lantaran meminta perlindungan polisi.

Sikap Susno menolak eksekusi dan meminta perlindungan kepada polisi itu menuai kritik. Polda Jabar secara tegas menyatakan tidak berupaya mengalang-halangi tugas jaksa mengeksekusi mantan Kapolda Jabar tersebut.

"Pak Kapolda Jabar memang sempat menolak pertemuannya di Mapolda Jabar. Awalnya kami menawarkan tiga tempat untuk proses negosiasi antara tim eksekutor dan pihak Susno. Masing-masing Hotel Panghegar, Hotel Sheraton, dan Mapolrestabes Bandung. Tapi kedua pihak meminta di Mapolda Jabar," beber Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompol kepada wartawan di Mapolres Soreang, Jalan Bhayangkara, Kabupaten Bandung, Jumat (26/4/2013).

Polda Jabar pun akhirnya menyediakan tempat dan ruang untuk negosiasi. Waktu itu pihak Susno dan jaksa saling bertemu. Tak berbeda jauh saat jaksa menyambagi rumah Susno di Dago. Kondisi di Mapolda Jabar pun tetap tanpa hasil. Jaksa tidak sukses mengeksekusi Susno lantaran meminta perlindungan polisi.

"Pertemuan antarar mereka malam itu tidak menghasilkan apa-apa. Jaksa dan eksekutor pulang dari Mapolda Jabar, begitupun Pa Susno dan rombongannya," jelas Martin.

Tidak ada komentar: