BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 25 April 2013

Susno Gagal Dieksekusi, ICW: Kejagung Tidak Boleh Kalah Sama Koruptor

Rivki - detikNews

Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) gagal menyeret mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji ke penjara, kemarin. LSM anti korupsi ICW menyayangkan sikap Kejagung yang pulang tanpa hasil dan kepolisian yang seolah melindungi koruptor.

"Kita sayangkan sikap Kejagung dan Kepolisian. Kejagung tidak boleh kalah sama koruptor!" Tegas Koordinator bidang hukum ICW, Emerson Yuntho, saat berbincang dengan detikcom, Kamis (25/4/2013).

Emerson mengatakan, Presiden SBY harus turun menghadapi situasi kasus Susno yang cukup pelik. Dia meminta SBY untuk memerintahkan Kapolri supaya Polda Jabar membantu proses eksekusi Susno Duadji.

"Presiden harus turun tangan menangani ini dan memerintahkan Kapolri agar tidak membela Susno," ucapnya.

Dia sendiri menilai, aparat Polda Jabar seolah melindungi Susno Duadji. Harusnya, Polda Jabar dan Kejagung saling bersinergi melawan para pelaku korupsi.

"Polri dan Kejagung harus utamakan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, jangan ditunggangi kepentingan," pungkasnya.

Dalam keterangannya, Polda Jabar membantah pihaknya melindungi koruptor. Pihaknya hanya sebagai pengamanan untuk mencegah adanya bentrok antara kejaksaan dengan Susno Duadji.

"Kita kan sifatnya pasif, kita hanya mengamankan supaya tidak ada bentrok," tutur Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya, di Mapolda Jabar, Kamis (25/4/2013) dini hari.

Tidak ada komentar: