BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 25 April 2013

TNI Janji Sanksi Tegas Oknum yang Rusuh di DPP PDIP

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

Jakarta - Mabes TNI Cilangkap kedatangan tamu para petinggi PDIP yang menyampaikan protes terkait insiden rusuh oknum TNI di DPP PDIP. TNI menjanjikan akan menindak tegas setiap oknum yang terlibat kerusuhan tersebut.

"Bahwa 10 anggota terlibat insiden di DPP PDIP, seluruhnya ditahan. 5 ditahan di POM, 5 lagi ditahan di Batalyon. Hasil pemeriksaan sementara bahwa yang 5 ditahan di POM diindikasikan terlibat pidana, sedangkan yang 5 terlibat hukuman disiplin," kata Kadispenad Brigjen Rukmana Ahmad, dalam konferensi pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, Kamis (25/4/2013).

"5 (anggota) Yang (melakukan tindak) pidana itu akan masuk ke peradilan militer. 5 (anggota) di batalyon akan melalui proses hukum oleh ankum (atasan yang berhak menghukum), dalam hal ini komandan batalyon, sesuai UU No 26 tahun 2000," lanjut Rukmana.

Kadispen TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul meminta semua pihak mempercayakan pengusutan kasus ini ke peradilan militer. Dia menegaskan peradilan militer tidak bisa dicampuradukkan dan diintervensi oleh siapa pun.

"Kita sudah sampaikan, TNI sendiri jumlahnya ada 500 ribu, ada anak-anak atau oknum yang nakal. Saya rasa, marilah kita jangan terlalu mengatakan ini TNI, tapi oknum ini, yang anak-anak nakal yang harus kita berikan sanksi," tegas Iskandar.

Belasan anggota TNI dari Batalyon Zeni Konstruksi 13 (Yon Zikon 13) terlibat keributan di kantor DPP DPIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4) malam. Mereka mengejar pelajar yang terlibat serempetan motor dengan seorang prajurit. Dua orang yang berada di pos jaga PDIP terluka kena sangkur.

Saat kejadian, Megawati tengah berada di dalam markas PDIP. Pengawal Megawati dari TNI menangkap dua orang prajurit. Saat diperiksa, prajurit itu sempat mengaku sebagai Brimob sebelum akhirnya mengaku sebagai prajurit TNI. Mereka kemudian dibawa Garnisun.

Tidak ada komentar: