BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 17 April 2013

Patut Ditiru, Pertama Kali di Indonesia Kapospol akan Dipilih Rakyat

Andi Siahaan - detikNews

Jakarta - Mungkin baru ini pertama sekali terjadi dalam sejarah kepolisian di Indonesia. Jabatan kepala pos polisi (kapospol) di Polres Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) rencananya akan dipilih langsung oleh rakyat.

Kapolres Simalungun AKBP Andi S Taufik menjelaskan, pihaknya akan melaksanakan pemilihan kapospol Laras di Kecamatan Bandar Huluan. Rencananya pemilihan akan dilakukan Rabu pada (17/4/2013) sore.

Adapun pertimbangan dilakukan pemilihan menurutnya, jabatan kapospol merupakan ujung tombak polisi dalam melayani masyarakat. Selain itu pertimbangan lain karena pejabat kapospol lama belum lama ini meninggal dunia. Pejabat lama dikenal dikenal sangat dekat dengan masyarakat.

"Kita ingin Kapolpos dikenal dan dekat dengan masyarakat. Jadi saya tidak ingin salah menempatkan anggota," ujar Andi di Polres Simalungun, di Pematang Raya Kecamatan Raya, Rabu pagi.

Ditambahkannya, proses pemilihan nantinya seperti pemilihan kepala desa. Beberapa calon kapospol akan diberikan kesempatan menyampaikan visi misi dan program kerja mereka . Setelah itu, masyarakat akan diberikan kesempatan memilih langsung. Acara pemilihan juga sebagai bentuk silaturahmi dan kemitraan Kapolres Simalungun dengan masyarakat.

"Meski jabatan kapolpos merupakan wewenang saya, namun saya akan keluarkan surat keputusan pengangkatan berdasarkan hasil pemilihan," jelas lulusan Akpol 1994 ini.

Tidak ada komentar: