BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 24 April 2013

Lelang Jabatan Kapolri Dinilai Berbahaya

 Jpnn
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Eva Kusuma Sundari menilai lelang jabatan untuk jabatan kapolri berbahaya. Sebab, menurutnya semua tergantung pada spesifikasi yang diinginkan presiden. "Ini bisa personal subyektif dan belum tentu merupakan kebutuhan Polri," ucapnya.

Kemudian sambung dia, senioritas menjadi faktor signifikan dalam tubuh Polri. Nah karenanya, lanjut dia, lelang bisa merusak sistem karir dan soliditas.

Itu berbeda dengan lelang jabatan untuk lurah dan camat. Politisi PDI Perjuangan tersebut menambahkan lelang jabatan lurah dan camat bisa dilakukan karena keduanya merupakan aparat sipil birokrasi.

"Tugas utama Polri kan penegakan hukum dan penjaga keamanan (pelayanan itu sekunder) perlu sistem komando jalan dan tidak diganggu bypass via lelang," kata Eva.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Pol. Nanan Sukarna berharap pemilihan Kapolri baru tidak diwarnai intervensi dan kolusi. Sehingga, sosok yang terpilih betul-betul mampu menahkodai korps Bhayangkara.

"Ya dilihat yang lebih baik siapa, yang lebih pantas, saya berharap lebih terbuka. Apa perlu dilelang? Silakan dilelang, kan jaman lelang sekarang ini. Tapi jangan juga jadi lelang malah tambah mahal," kata Nanan. (gil/jpnn

Tidak ada komentar: