BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 09 Juni 2015

Pansel Dorong TNI Daftar Calon Pimpinan KPK

Oleh : Syahrul Ansyari, Taufik Rahadian
 VlVA.co.id - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan tengah melakukan upaya jemput bola dalam mencari sosok yang tepat untuk menjadi pemimpin lembaga tersebut. Mereka tidak hanya berdiam diri menunggu orang mendaftar.

"Sedang kami jemput, sedang kami yakinkan, kami dorong," kata Juru Bicara Pansel, Betti Alisjahbana, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 9 Juni 2015.

Meski demikian, Betti enggan mengungkapkan siapa saja yang tengah didorong Pansel untuk mendaftarkan diri tersebut. Betti hanya menyebut mereka berasal dari latar belakang yang beragam termasuk kalangan TNI.

"Latar belakang dari mereka yang kita jemput cukup banyak, termasuk TNI juga," ujar Betti.

Lebih lanjut, Betti mengungkapkan hingga kemarin, sudah ada sekitar 20 orang yang mendaftar ke Pansel, salah satunya adalah perempuan. Menurut Betti, Pansel sudah berdiskusi dengan KPK mengenai calon yang ideal sebagai pimpinan.

Pansel menyebut KPK sudah memberikan 17 kriteria kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh pimpinan KPK. Kompetensi itu didapat dari hasil kajian yang dilakukan KPK.

"Kompetensi ada integritas, keberanian, mampu mengambil keputusan, kemampuan untuk bekerjasama, ada kemampuan penyidikan, penuntutan, kurang lebih itu," ujar Betti. (ase)

Tidak ada komentar: