BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 08 Juni 2015

Kakorlantas: Patwal Tak Boleh Kawal Kendaraan yang Tak Bersurat Lengkap

Danu Damarjati - detikNews
Jakarta - Terkait adanya konvoi mobil mewah Lamborghini yang mendapat kawalan Patwal, Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Condro Kirono bereaksi keras. Dia meminta agar polisi dilarang mengawal kendaraan yang tidak memiliki surat lengkap.

"Kita sudah ada direktif kepada seluruh Satker Mabes Polri untuk yang memiliki pengawalan. Kemudian kita sudah arahkan kepada seluruh Polda untuk melarang anggotanya melakukan pengawalan untuk tidak melakukan pengawalan terhadap kendaran yang tidak memiliki surat lengkap dan sah," ujar Condro di Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (8/8/2015).

Condro mengatakan perlu ada prosedur khusus yang harus ditempuh agar kendaraan bisa mendapatkan pengawalan. Pihak kepolisian juga harus mengecek sejumlah hal.

"Kalau mau melakukan pengawalan harus mengecek terlebih dahulu. STNK-nya ada enggak. Tujuannya ke mana. Harus ada surat perintah dari pimpinannya, seperti itu," kata Condro.

"Kalau ada pengawalan bukan atas perintah pimpinan, nggak ada Sprin-nya. Berarti itu keinginannya pribadi petugas tersebut," sambung Condro.

Jenderal bintang dua itu juga memerintahkan jajarannya untuk mencari siapa petugas yang mengawal rombongan mobil mewah tersebut. "Saya masih menunggu informasi dari Kadenwal (Kepala Detasemen Pengawalan) PJR Pak Rozimi, anggota dari mana yang melakukan pengawalan tersebut," ungkap Condro.

Sejumlah mobil Lamborghini yang sedang dikawal patwal bermotor tertangkap kamera saat sedang melintas di ruas Jl Tendean, Jaksel, Minggu (7/6) pagi. Beberapa di antaranya juga terlihat tidak memasang pelat nopol.

Bahkan 2 supercar tersebut disetop dan ditilang Ditlantas Polda Metro Jaya karena tidak memiliki surat-surat. Bukan kali ini saja konvoi Lamborghini di Jakarta mendapat pengawalan. Pada Minggu (3/5) lalu, terlihat mobil dan motor patwal polisi

1 komentar:

Unknown mengatakan...

keren sob artikenya sangat bermanfaat sekali artikelnya gan :)

http://goo.gl/RBxNDs