BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 09 Juni 2015

Polisi Kagum Thalia Berani Lawan Perampok, Apa yang akan Mereka Berikan?

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sukabumi - Polisi kagum atas keberanian Thalia Susanti (22), mahasiswi yang melumpuhkan perampok di rumahnya. Mereka berencana memberikan penghargaan. Apa dan kapan?

Kapolresta Sukabumi AKBP Diki Budiman mengatakan Thalia berjasa membantu kepolisian. Maka itu, kepolisian akan memberikan honorary police. Reward itu, menurut situs wikipedia, merupakan penghargaan kepada warga sipil yang dianggap berjasa membantu tugas polisi. Rencananya, reward akan diberikan pada 17 Juni mendatang.

"Meski berbahaya, dia dengan berani melawan komplotan pelaku yang salah satunya memegang senjata api," ujar Diki didampingi Kasatreskrim AKP Sulaeman Salim kepada detikcom, Selasa (9/6/2015).

Menurut Diki, dengan adanya penghargaan tersebut akan memicu masyarakat untuk membantu tugas kepolisian ketika terjadi tindak kejahatan. Meski tidak harus dengan cara-cara kekerasan, kecepatan laporan ketika terjadi kejahatan akan memudahkan polisi untuk bergerak dan melakukan tindakan.

"Masyarakat akan terpacu untuk ikut aktif dalam memelihara Kamtibmas di lingkungannya masing-masing serta menanggulangi kerawanan Kamtibmas," harap Diki.

Thalia membekuk perampok yang menyatroni rumahnya, Kelurahan Nangleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Kamis (4/6) malam. Saat itu, ayahnya ditodong pistol oleh pelaku. Secara refleks, Thalia yang mengaku tak jago beladiri itu menerjang dan menendang pelaku hingga terjerembab. Akhirnya, pelaku dihakimi warga sekitar.

Tidak ada komentar: