BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 14 Agustus 2015

Material Bom Rakitan Solo Bisa Hasilkan Bom Daya Ledak Tinggi

Muchus Budi R. - detikNews
Solo - Tiga tersangka kasus teror yang ditangkap di Solo adalah disebut sebagai pembuat bom rakitan handal. Mereka bisa merakit bom dengan daya ledak tinggi.

Dari penangkapan terhadap tiga tersangka dan penggeledahan di empat di Solo dan Karanganyar, polisi mengaku menemukan sejumlah bahan kimia yang akan dimodifikasi untuk rakitan. Selain itu juga ditemukan beberapa handphone yang telah disiapkan untuk alat kendali jarak jauh, kertas tutorial perakitan bom, bendera simbol ISIS, serta sebuah kaos.

"Dari temuan lapangan dan pengakuan menunjukkan mereka telah melakukan pengembangan secara signifikan dalam perakitan bom," ujar ahli bom Mabes Polri, AKBP Sunandi kepada wartawan di Mapolresta Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (14/8/2015).

Adapun komponen-komponen yang ditemukan polisi saat dilakukan penggeledahan, lanjut Sunandi, memang masih terpisah-pisah. Namun karena rangkaian switcher sudah jadi maka hanya butuh waktu satu jam untuk merangkai semua dan tak butuh waktu satu jam untuk menjadi rangkaian sempurna siap meledak.

"Dari pengakuan mereka akan menyerang Polsek Pasarkliwon, tempat ibadah, anggota (Polri). Caranya rangkaian bom akan diletakkan di Polsek atau gereja yang ditarget lalu ditinggal," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, polisi telah menangkap tiga pemuda Solo, yaitu Ibadurahman, Yuskarman dan Giyanto. Mereka disebut hendak menyerang kantor polisi dan anggota Polri, tempat ibadah Nasrani dan Khonghucu, dan akan mengacaukan peringatan Kemerdekaan RI.
(mbr/rul)

Tidak ada komentar: