BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 05 April 2013

Danjen Kopassus Soal LP Cebongan: Saya yang Paling Bertanggung Jawab

Ray Jordan - detikNews

Jakarta - Tidak ada prajurit yang salah, yang salah adalah komandannya, itulah pameo yang hidup di militer. Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo menyatakan 11 tersangka penyerangan LP Cebongan adalah anggotanya dan sebagai komandan, dia paling bertanggung jawab.

"Yang jelas 11 orang itu adalah anak buah saya dan sayalah atasannya, Mayjen TNI Agus Sutomo," kata Agus di Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013). Agus menyatakan itu di sela menerima kedatangan Gubernur Jokowi dalam rangka program bersih-bersih Ciliwung.

Agus mengatakan anggota Kopassus yang tersebar di berbagai wilayah adalah anak buanya. "Grup I itu Serang, grup II itu Solo dan yang lainnya itu bawahan saya, itu semua organisasi saya, anak buah saya. Maka sayalah orang yang paling bertangung jawab di institusi Kopassus ini. Saya orang paling terdepan bertanggung jawab," tegas Agus yang mengenakan seragam loreng dan baret merah ini.

Mengenai masalah prosedur hukum 11 anggota Kopassus yang menyerbu LP Cebongan, Agus menyerahkannya ke hukum militer. "Ini semua ada prosedurnya, kita serahkan pada hukum di militer," katanya.

Tidak ada komentar: