BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 14 April 2013

Kru Lion Air Nahas Tak Boleh Terbang Selama 2 Minggu

VIVAnews – Seluruh kru pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami kecelakaan sore kemarin, Sabtu 13 April 2013, dilarang terbang selama dua minggu ke depan.

“Pilot dan kru, semua kami grounded (larang terbang). Standarnya dua minggu,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti, dalam konferensi pers di kantor Emergency Operation Centre Bandara Ngurah Rai, Bali, Minggu 14 April 2013.

Herry mengatakan, seluruh kru JT-904 akan menjalani pelatihan ulang. Namun training ulang ini tidak menjamin para kru itu dapat terbang kembali seperti sedia kala. “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan ulang, itu diputuskan nanti,” ujar Herry.

Ia mengatakan, larangan terbang bagi kru pesawat yang mengalami kecelakaan dalam rangka memperlancar proses investigasi yang kini tengah berlangsung. Dalam penyelidikan ini, para kru terkait juga akan menjalani tes narkoba yang dilakukan kepolisian.

Sampai saat ini belum diketahui persis apa penyebab Lion Air JT-904 tercebur ke laut saat hendak mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali. Penumpang mengatakan, sama sekali tak ada tanda-tanda pesawat akan celaka. Seluruh penumpang sudah bersiap untuk mendarat, namun tiba-tiba gelap dan terdengar ledakan.

Lion Air JT-904 tak pernah mencapai landasan Bandara Ngurah Rai, namun jatuh ke laut hanya beberapa meter sebelum mencapai landasan. Bangkai pesawat kini dalam proses evakuasi. (umi)

Tidak ada komentar: