BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 16 Agustus 2013

Uang Miliaran dan Keping Emas Milik Rudi Disita

INILAH.COM, Jakarta - Menindaklanjut penangkapan Kepala SKK Migas Rudi Rubian terkait dugaan suap, KPK terus melakukan penyitaan harta milik Rudi.

Sejak Rabu (14/8/2013) hingga Kamis (15/8/2013) malam ini, KPK telah berhasil menyita uang dengan nilai sekitar Rp 14,3 miliar serta 180 gram emas kepingan.

Jubir KPK Johan Budi mengatakan, total uang yang didapat dari deposit box milik Rudi di Bank Mandiri jumlahnya USD 350 ribu. Jumlah ini meningkat setelah pada konferensi pers siang tadi diumumkan sejumlah USD 320,1 ribu.

Pada penggeledahan pada pagi hingga sore tadi, tim KPK juga menemukan uang USD 200 ribu di kantor Sekjen Kementerian ESDM Wayono Karno. "Uang tersebut berada di dalam sebuah tas hitam," kata Johan.

Tak sampai disitu, tim KPK juga menggeledah brankas milik Rudi di kantornya di gedung SKK Migas. Di penggeledahan ini tim KPK menemukan Sing$ 60 ribu, USD 2 ribu dan juga emas kepingan dengan nilai 180 gram.

Temuan-temuan pada hari Kamis ini melengkapi hasil geledah yang dilakukan saat operasi tangkap tangan pada Selasa kemarin. Saat itu penyidik menyita USD 400 ribu dari Rudi, yang baru saja diberikan oleh orang dekatnya yang bernama Deviardi.

Operasi tangkap tangan itu juga dibarengi dengan penggeledahan. Dari hasil penggeledahan di rumah Rudi di Jl Brawijaya, Jaksel, KPK menemukan Sing$ 127 dan USD 90 ribu. Tak hanya itu saja, penyidik juga menyita USD 200 ribu yang didapatkan dari rumah Deviardi yang ada di kawasan Pasar Minggu.

Jumlah uang dollar US dan Singapura di atas nilainya kurang lebih setara dengan Rp 14,3 miliar.[dit]

Tidak ada komentar: