BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 29 Agustus 2013

Alutsista made in Indonesia Tetap Jadi Prioritas

Mega Putra Ratya - detikNews

Jakarta - Presiden SBY mengingatkan kembali kebijakan pemerintah dalam modernisiasi alat utama sistem persenjataan bagi TNI dan Polri. Prioritas utama tetap alutsista hasil karya anak bangsa.

"Kalau bisa diproduksi di dalam negeri, wajib hukumnya untuk menggunakan produksi kita sendiri. Kalau tidak bisa, dimungkinkan dari luar negeri, tapi harus dengan skema yang baik," ujar Presiden SBY.

Hal itu dikatakan dalam acara peresmian Pameran Research, Innovation, and Technology (RITech) 2013 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (29/8/2013). Pameran ini diselenggarakan pada 29 Agustus-1 September 2013, dalam rangka Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-18.

Presiden SBY mendukung penuh tema Hakteknas kali ini, yaitu 'Inovasi untuk Kemajuan Bangsa'. Kalau bicara inovasi, maka akan mengarah kepada cara berpikir yang baru, yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
"Itu sumber dan daya dorong bagi kemajuan dan pertumbuhan. Mari kita aplikasikan dalam upaya pengembagan teknologi di Indonesia," jelas SBY.

Selain itu, SBY mengingatkan Bangsa Indonesia harus terus meningkatkan kecukupan dan produktivitas pangan, serta meningkatkan produksi energi baru dan terbarukan. Di sisi lain, Indonesia juga harus belajar menjadi bangsa yang hemat dan efisien.

Mengenai pangan, saat ini proses stabilisasi harga pangan tidaklah semudah dulu ketika harga standar internasional masih stabil. "Ini artinya, solusi apa yang diperlukan Indonesia untuk atasi keadaan ini. Lantas, dimana inovasi dan teknologi dapat memberikan kontribusinya," kata SBY.

Solusinya, bangsa Indonesia harus terus meningkatkan kecukupan dan produktivitas pangan nasional, meningkatkan produksi energi baru dan terbarukan. "Kalau kita serius, maka akan mengubah total peta minyak sedunia," ujar SBY

Tidak ada komentar: