BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 10 Agustus 2015

Kodam Jaya Fungsikan Airboat, Moda Transportasi Masa Depan di Ciliwung

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jakarta - Program unggulan Ciliwung Bersih prakasa Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo terus berkelanjutan. Kodam Jaya mulai memfungsikan Airboat sebagai sarana alat transportasi masa depan di Kali Ciliwung.

Mayjen Agus ikut melakukan ujicoba langsung penggunaan Airbot buatan anak negeri itu. Ujicoba dilakukan Minggu (9/8/2015) di Ciliwung dengan rute dari Rindam Jaya Condet sampai ke Rawajati.

Ujicoba sejauh 3 km itu berjalan lancar dan Agus yang masih merangkap jabatan sebagai Pangdam Jaya itu merasa puasa dengan hasilnya. Airboat ini buatan Endang Wachyan.

"Semoga Airbot bisa menjadi solusi dan alternatif bagi moda transportasi di Jakarta masa depan. Di samping itu bisa menjadi alat angkut untuk wisata air Ciliwung," ungkap Agus dalam keterangan Pendam Jaya yang diterima detikcom, Minggu (9/8).
Dari keterangan Pendam Jaya tersebut diketahui, selama proses ujicoba banyak warga bantaran Kali Ciliwung yang menontonnya karena penasaran karena alat angkut ini memang masih asing bagi warga. Agus yang kini juga sudah menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD itu berharap agar program Ciliwung bersih terus berkelanjutan. Selama 8 bulan sejak program ini dilakukan, kondisi Ciliwung di Jakarta memang sudah jauh lebih baik.

"Program Ciliwung Bersih yang sudah dilaksanakan menjadi suatu bukti nyata dalam kepedulian. Kondisi sungai yang diharapkan belum dapat tercapai, masih perlu banyak kepedulian semua pihak yang ada di Ibukota untuk sama-sama mewujudkan Ciliwung yang bersih, indah, dan sehat," harap Agus.

Airbot yang memiliki warna dasar oranye itu merupakan sejenis perahu yang digerakkan dengan baling-baling di bagian atas perahu. Dengan begitu, masyarakat tak perlu khawatir baling-baling akan macet karena tersangkut sampah.

Selain itu, Airbot ini cocok dioperasionalkan di Ciliwung untuk menjadi moda transportasi ke depan. Pasalnya karena baling-baling penggerak tidak terendam air, masyarakat tidak perlu khawatir perahu akan kandas ketika airnya surut.

"Airbot ini sangat cocok dipakai di Sungai Ciliwung. Di samping tidak akan kandas walaupun air surut, Airboat ini juga ramah lingkungan karena tidak akan merusak dan membunuh biota dalam sungai karena propeler tidak di bawah air akan tetapi dia atas perahu," ujar pembuat Airbot tersebut, Endang Wachyan seperti tertulis dalam keterangan yang sama.

Tidak ada komentar: