BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 08 April 2013

Bang Yos: Stop Teriaki 11 Kopassus Langgar HAM

INILAH.COM, Jakarta - Mantan Danjen Kopasus Sutiyoso alias Bang Yos meminta agar para penggiat HAM maupun LSM berhenti meneriaki 11 pelaku penembakan Cebongan melakukan pelanggaran HAM berat.

"Masyarakat sipil juga amat sadis melanggar hak asasi manusia dengan membunuh secara sadis anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Sersan Kepala Santoso," ujar Sutiyoso di Cikini, Sabtu (6/4/2013).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, peristiwa tersebut karena sebab akibat dan rasa solidaritas sesama korps. Kasus terbunuh Serka Heru Santoso secara sadis, tersebar di anggota Kopassus lainnya, sehingga menimbulkan rasa dendam. "Karena bagi kopasus sepenanggungan nasib, dilatih solidaritas tinggi agar pada saat perang,ia tidak mudah meninggalkan temannya saat perang," ujarnya.

Ia melanjutkan, seharusnya pengamanan asrama Kopassus diperketat lagi dan terus dipantau selama 24 jam, sehingga sangat sulit untuk mendapatkan izin keluar masuk. "Harusnya dijaga ketat pengawalan, kopasus di Barak apel jam 10.00 pagi, seterusnya mereka di asrama sangat amat mudah keluar ijin,sehingga terjadi kasus Cebongan,"ucapnya.

Sutiyoso menambahkan, ia pertama kali mendengar kejadian tersebut dirinya sudah mempunyai perasaan yang tidak enak, dikhawatirkan ada keterlibatan bekas anak buahnya.

"Saya sudah waswas, Kopasus itu bukan pasukan biasa karena kita diajari gerak cepat, taktik,penembakan cepat, tapi saya apresiasi pelaku langsung ngaku, mau menerima hukuman apapun yang diberikan," tandasnya.[bay]

Tidak ada komentar: