BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 11 April 2013

Komisi III DPR: Semua Jendral Bintang Tiga Berpeluang Jadi Kapolri

Danu Damarjati - detikNews

Jakarta - Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan memasuki masa pensiun pada Februari 2014. Namun penggantian Kapolri jadwalnya dimajukan menjadi Agustus 2013. Siapa perwira tinggi yang punya peluang menggantikan Timur Pradopo?

"Harusnya semua bintang tiga punya kesempatan dan masa pensiunnya masih dua tahun," kata anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Jenderal bintang tiga yang masih jauh dari masa pensiun (58) adalah Komjen Sutarman (Akpol 1981), Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan (Akpol 1983), Kabaharkam Oegroseno (Akpol 1978), dan terakhir Kepala BNN Komjen Anang Iskandar (Akpol 1981).

Lalu ada pula Irjen Suparni Parto. Dirinya akan diangkat menjadi Kabaintelkan dan segera berbintang tiga (Komjen). Siapakah diantara jenderal-jenderal itu yang memiliki kans menuju Tri Brata 1?

"Belum ada (yang mengemuka). Bahkan tidak menutup kemungkinan Kapolda-kapolda yang bintang dua, misal di Jabar," jawab Trimedya.

Anggota Komisi III yang lain, Adang Darajatun, mengatakan belum ada pembicaraan di Komisi III terkait suksesi Kapolri. Dirinya hanya menegaskan, jika mengacu pada UU No 2/2002 tentang Kepolisian, maka pengganti Kapolri harus memiliki sisa masa aktif dua tahun ke depan.

"Kita berpegang pada UU itu. Pejabat tertinggi dari kepangkatan, memiliki integritas, pengalaman berbagai latar belakang, itu kriterianya," ujar suami Nunun Nurbaeti ini.

Tidak ada komentar: