BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 04 April 2013

Polisi Pastikan Beri Sanksi Anggota yang Ajak 'Damai' Bule di Youtube

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews

Jakarta - Meski masih dalam tahap penyelidikan, Polda Bali memastikan siap memberikan sanksi kepada anggota yang menilang dan mengajak 'damai' bule tak berhelm. Sanksinya menyesuaikan jenis pelanggaran setelah pelaku diketahui.

"Sanksinya dinamis. Tergantung nanti apakah termasuk pelanggaran etik atau disiplin," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Hariadi ketika dikonfirmasi detikcom, Kamis (4/4/2013).

Jika dilihat dari tayangan situs Youtube, Hariadi mengakui ada indikasi pelanggaran. Namun hal itu tidak bisa disimpulkan sebelum adanya pemeriksaan secara utuh. Karena itu, Polda berusaha menemukan anggota di video itu dulu.

"Kalau sudah ketemu, baru bisa dilakukan langkah-langkah sesuai prosedur," jelasnya.

Sejauh ini, Polda masih mengkroscek ke jajaran terkait identitas polisi yang menilang bule itu.

Dalam tayangan di situs Youtube yang diunggah 1 April lalu itu terlihat seorang polisi yang cukup fasih berbahasa Inggris menyetop bule bernama Kees van der Spek di Pos Polisi Lio Square. Polisi muda itu menilang dan meminta uang 'damai' Rp 200 ribu karena van der Spek tak mengenakan helm.

Selain menilang, polisi tersebut juga 'minum-minum' bersama bule berambut sebahu itu. Ia menunjukkan uang hasil tilang, Rp 100 ribu untuk membeli bir, sedangkan Rp 100 untuk 'governance'. Di pos, keduanya nge-bir disaksikan seorang polisi lainnya.

Tidak ada komentar: