BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 25 Juni 2013

Presiden SBY Mobilisasi Semua Kekuatan Padamkan Api di Riau

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Senin 24 Juni 2013, menginstruksikan mobilisasi seluruh kekuatan yang dimiliki guna menanggulangi bencana kebakaran hutan, lahan perkebunan, dan pertanian di provinsi Riau saat ini.

Bertempat di kantornya di Jakarta, Presiden SBY menegaskan bahwa berapa pun anggaran yang dibutuhkan akan dikucurkan pemerintah pusat guna menanggulangi bencana tersebut.

"Tidak boleh ada hambatan dalam anggaran. Dalam waktu 1x24 jam, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) harus meningkatkan apa yang harus dilakukan bersama jajaran TNI dan Polri," ujar SBY.

Di temui di tempat yang sama Kepala BNPB, Syamsul Maarif menjelaskan, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 25 miliar. Anggaran tersebut, digunakan untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan dan merekayasa hujan buatan.

"Kami segera mencari pesawat-pesawat yang bisa disewa untuk water bombing. Sedangkan untuk flood seeding (hujan buatan), saya kira kita tetap pakai BPPT dan TNI saja meskipun sangat tergantung pada cuaca ya," tambahnya.

Perusahaan-perusahaan di sekitar lokasi kebakaran, lanjutnya, bersikap kooperatif dengan BNPB dalam menanggulangi bencana tersebut. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang membantu melakukan pemantauan dengan helikopter perusahaan untuk mencari titik kebakaran hutan tersebut. 

Terkait dengan anggaran, Syamsul menegaskan, BNPB juga masih memiliki anggaran cadangan sebesar Rp70 miliar yang siap digunakan untuk penanggulangan bencana kebakaran Riau.

Tidak ada komentar: