BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 29 Mei 2014

Adu Kuat Dukungan Artis di Pertarungan Jokowi-JK Vs Prabowo-Hatta

Sukma Indah Permana - detikNews

Jakarta - Dua pasangan bakal capres dan cawapres mulai semakin panas berlomba mencari dukungan sebagai modal untuk memenangkan pilpres 9 Juli mendatang. Dukungan dari beragam kalangan didulang, salah satunya para artis.

Kedua kubu baik Jokowi-JK maupun Prabowo-Hatta seolah beradu kuat mendapat dukungan dari para pesohor. Diharapkan, para artis tersebut bisa membawa para fansnya sebagai ekstra suara untuk mereka.

Lalu, seperti apa pertarungannya?

1. Slank Serahkan Revolusi Cinta kepada Jokowi
Grup band Slank menyerahkan revolusi cinta kepada Jokowi. Salah satu isinya adalah 46 nama yang dinilai Slank cocok untuk menjadi menteri Jokowi-JK.

"Ada 7 ide buat moral dan 7 ide buat negara dari Slank. Itu yang kita kasih. 5 lembar ada 4 poin, revolusi mental, manifesto Slank, dan dua 7 ide itu," kata Bimbim di markas Slank, Gang Potlot, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (27/5/2014).

Penabuh drum band yang berusia lebih dari 30 tahun itu menjelaskan isi manifesto slank yaitu hidup sederhana dan mencintai alam. Ia menyebutnya sebagai intisari Pancasila yang diperluas melalui gaya Slank.

"Itu intisari Pancasila yang kita luaskan dengan bahasa Slank. Bahasa Slank bahasa muda, ini petunjuk tanda Slank menunjuk bintang," kata Bimbim.

Walau tak secara terang-terangan mendukung Jokowi-JK, Slank punya alasan sendiri di balik penyerahan revolusi cinta itu ke pasangan capres-cawapres yang diusung PDIP, NasDem, PKB, Hanura dan PKPI itu. Menurut Bimbim, Slank melihat bangsa Indonesia membutuhkan capres muda yang lebih fresh.

Slank, menurut Bimbim, akan menarik dukungannya jika Jokowi-JK terpilih menjadi presiden dan wakil presiden. Rencana itu dipilih karena Slank ingin menjadi bagian dari parlemen jalanan yang mengawasi pemerintahan, siapapun presidennya.

Bimbim juga mengatakan bahwa bandnya baru akan memberikan bantuan kampanye jika pasangan Jokowi-JK di posisi terancam kalah.

"Kalau udah mau kalah baru kita belain. Kalau menang-menang aja cuekin aja," kata Bimbim.

"Ini sih pasti menang," imbuhnya.

2. Jaja Miharja buat Lagu untuk Prabowo-Hatta
Pedangdut sekaligus komedian Betawi Jaja Miharja mendatangi Rumah Polonia, yang menjadi markas pemenangan capres cawapres Prabowo-Hatta. Bang Haji, begitu Jaja dipanggil, mendatangi Rumah Polonia untuk memberikan dukungannya kepada pasangan tersebut.

"Kita ke sini mau mendukung Prabowo-Hatta, atas nama saya dan artis dangdut lain, Insyaallah nanti akan ke sini untuk memberikan dukungan," ujar Jaja di Rumah Polonia, Jl Cipinang Cempedak, Jaktim, Sabtu (24/5/2014).

Jaja yang siang ini terlihat segar sambil mengenakan kemeja putih dan kopiah ini mengungkapkan kekagumannya kepada Prabowo. Menurutnya, Prabowo merupakan sosok yang tegas dan diharapkan akan memberikan perubahan kepada bangsa, khususnya perhatian khusus terhadap rakyat kecil.

Jaja juga mengaku telah megenal Prabowo sejak lama. Bahkan dirinya pun kerap makan bersama dan mengunjungi kediaman Prabowo.

Dalam kesempatan ini, Jaja menyanyikan sebuah lagu ciptaannya yang bernuansa dangdut untuk pernyataan dukungannya terhadap Prabowo-Hatta. Dia pun menyanyikan sebait lagu dukungan terhadap pasangan capres cawapres idolanya tersebut:

"Pastikan saja pilihan kita..."
"Prabowo-Hatta yang kita cinta..."
"Prabowo-Hatta yang kita piliih..."
"Karena dia ada di hati..."
"Bapak Prabowo jadi presideeennn..."

3. Dorce Gamalama Doakan Jokowi Menang Pilpres
Penyanyi kawakan Dorce Gamalama hadir menjadi bintang tamu di Rakernas dan Mukernas Perangkat Muslimat NU di Pondok Gede, Jakarta Timur. Sontak saja semua peserta yang terdiri dari 1.000 orang dari seluruh Indonesia menyambutnya dengan heboh.

Menyanyikan tembang milik Vina Panduwinata berjudul 'Ternyata', Dorce terus menghibur dengan aksinya yang mengundang tawa. Dia juga tak segan beberapa kali melempar pujian untuk capres PDIP Joko Widodo (Jokowi).

"Selamat malam Pak Jokowi saya doakan terkabul doanya jadi RI 1. Nanti saya diangkat jadi pembantu rumah tangga," ujarnya di aula asrama haji, Selasa (27/5/2014).

"Pak Jokowi, saya jujur ya selama jadi Gubernur belum pernah dipanggil Pak. InsyaAllah bapak jadi pemimpin yang bisa disayang Allah," lanjutnya yang disambut tawa para tamu.

. Pidato Dukungan Anang dan Raffi Ahmad untuk Prabowo
Sejumlah artis yang bergabung dalam Gerakan Pemuda (GEMA) mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo-Hatta. Di antaranya adalah Anang Hermansyah, Raffi Ahmad dan Rachel Maryam.

Di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Rabu (21/5/2014) ketiganya berpidato menyampaikan dukungan untuk Prabowo-Hatta. Dalam pidatonya, Anang menyampaikan kekagumannya kepada sosok Prabowo.

"Prabowo adalah sosok pemimpin yang luar biasa. Indonesia membutuhkan sosok yang seperti itu," kata Anang yang berhasil lolos ke DPR dari PAN.

Anang lalu menjabarkan kelebihan Hatta Rajasa. Menurutnya, Hatta adalah sosok yang paling tepat menyokong pencapresan Prabowo.

Lalu giliran Rachel Maryam berpidato. Rachel yang memang kader Gerindra ini menyampaikan dukungan untuk Prabowo-Hatta dalam kalimat-kalimat puitis.

"Saatnya kita mengambil langkah berbuat sesuatu. Saat ini lilin itu berada di tangan anak-anak muda Indonesia. Dan kami di sini mengusung Prabowo-Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia," ujarnya.

Usai Rachel, giliran Raffi Ahmad yang berpidato. Raffi menyampaikan dukungannya dengan gaya yang kocak.

"Saya perwakilan dari anak muda. Kalau Mas Dhani dan Anang kan bapak-bapak, Rachel ibu-ibu. Kalau saya, anak muda yang dulu suka ibu-ibu. Kan surga ada di bawah telapak kaki ibu. Maaf, bercanda nih," ujar Raffi yang disambut tawa hadirin.

Raffi menegaskan dirinya tak sekadar ikut-ikutan. Dia memang simpatisan Prabowo-Hatta yang dinilainya tegas dan kompeten memimpin Indonesia.

5. Roy Marten, Astrid Tyar Gabung di Kawan Jokowi
Di antara kelompok bentukan relawan untuk Jokowi, beberapa artis tergabung dalam komunitas 'Kawan Jokowi'. Di antaranya Roy Marten, Diaz Hendropriyono (putra mantan Kepala BIN, Hendropiyono), Astrid Tyar, dan Banyu Biru artis sekaligus Direktur Bisnis Oertus Holding yang menjadi bagian kontraktor monorel Jakarta, Jak Monorel.

"Insya Allah dari pasukan Hanura mba Krisdayanti, Yuni Shara, nggak tahu motifnya apa. PKB juga sudah siapkan (artis pendukung) tanggal 7-8 Juni, ternyata PDIP miskin artis ya, hehehe" canda Eva Sundari.

6. Ahmad Dhani: Lelaki Jantan Pilih Prabowo
Artis kondang Ahmad Dhani memberikan dukungan penuh untuk pasangan Prabowo-Hatta. Dhani yang hadir di acara deklarasi Gerakan Pemuda (Gema) Indonesia untuk Prabowo-Hatta di Rumah Polonia itu berkoar hampir semua lelaki jantan memilih Prabowo sebagai presiden.

Dhani mengatakan hal itu saat berpidato di depan massa pendukung Gema Indonesia di Rumah Polonia yang menjadi base camp Prabowo Hatta. Saat itu Dhani menceritakan kembali percakapan dengan anak sulungnya Al Ghazali. Al merupakan remaja yang digemari banyak remaja putri karena wajahnya yang tampan.

"Ketika saya tanya Al kamu milih siapa? Prabowo (jawab Al). Saya nggak perlu tanya, Al itu lelaki jantan. Saya merasa hampir lelaki Indonesia jantan itu milih Prabowo. Jadi kalau tidak memilih Prabowo, patut dipertanyakan kejantanannya," ucap Dhani yang langsung disambut tawa hadirin di Rumah Polonia, Jl Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Rabu (21/5/2014).



Tidak ada komentar: