BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 24 Mei 2014

Ini Wejangan Try Sutrisno untuk Prabowo-Hata

VIVAnews - Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Merah Putih, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, mengunjungi rumah mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno di Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam 23 Mei 2014.

Prabowo-Hatta tidak datang berbarengan ke rumah Try Sutrisno. Hatta datang lebih dulu pada pukul 19.20 WIB, sedangkan Prabowo menyusul sekitar 30 menit kemudian. Sebelum mengunjungi rumah Try Sutrisno, hari ini keduanya baru saja selesai mengikuti tes kesehatan capres dan cawapres yang berlangsung selama 8 jam di RSPAD Gatot Soebroto.

Menurut Prabowo, kedatangannya malam ini adalah dalam rangka memenuhi undangan dari mantan wakil presiden Indonesia di masa pemerintahan presiden Soeharto itu.

"Jadi tadi kami ada undangan makan malam sama Pak Try Sutrisno. Kami juga berdiskusi. Beliau banyak memberi wejangan dan pandangan-pandangannya kepada kita berdua," ucapnya.

Di antara wejangan yang diberikan Try dalam pertemuan selama dua jam  adalah cara pemimpin.
"Pak Try banyak memberikan wejangan tentang kepemimpinan. Dia berpesan bahwa nanti kami harus setia kepada rakyat, selalu ikhlas mengabdi tanpa mengutamakan kepentingan pribadi. Banyak lah wejangan baik yang diberikan oleh Pak Try. Dia sudah memiliki banyak pengalaman," ucap Prabowo.

Selain mendapat wejangan, Prabowo juga mengaku mendapat oleh-oleh berupa buku-buku karya Try Sutrisno. "Kita juga dikasih oleh-oleh nih, tulisan-tulisan beliau. Saya sendiri belum baca, baru dikasih," ujar Prabowo sambil mengeluarkan dan menunjukkan beberapa buku bertema kepemimpinan.

Senada dengan Prabowo, Hatta Rajasa pun menyebutkan bahwa mereka berdua memang mendapatkan banyak pesan dan wejangan dari Try Sutrisno tentang cara untuk memimpin bangsa.

"Banyak sekali nasihat Pak Try, terutama tentang bagaimana kita menjaga keutuhan bangsa. Bagaimana kita saling menghormati antar pemimpin, bagaimana kita mencintai rakyat, dan bagaimana pula kita ke depan menghadapi tantangan," ucapnya.
Tantangan
Hatta pun menjelaskan bahwa Try membeberkan tentang tantangan-tantangan yang akan dihadapi oleh pasangan capres dan cawapres itu bila terpilih nanti. "Menurut Pak Try, tantangan terbesar kita adalah mempercepat pembangunan, membenahi institusi negara, serta membentuk good governance. Pak Try tadi banyak menyoroti masalah terkaitgovernance dan perilaku para pelaku negara," ucapnya.

Namun demikian, Hatta sendiri tidak menegaskan bahwa dengan kedatangan mereka berdua malam ini, Try Sutrisno secara resmi memberikan dukungannya. Ia hanya menyebutkan bahwa agenda kedatangan mereka malam ini salah satunya adalah memang meminta restu dari mantan wakil presiden itu.

"Saya tidak ingin bicara itu. Tentu kami memohon doa restu, karena beliau adalah orang tua kita," ujarnya. (ita)

Tidak ada komentar: