BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 03 Agustus 2015

Harga Minyak Lesu, Exxon dan Chevron Lakukan Efisiensi


 Oleh : Nila Chrisna Yulika, Romys Binekasri
VIVA.co.id - Harga minyak dunia yang lesu mempengaruhi  laporan keuangan Exxon Mobil Corp dan Chevron Corp. Hal ini membuat kedua perusahaan tersebut memikirkan kembali rencana bisnis dan opeasional ke depan.
Seperti dilansir Reuters.com, Minggu, 2 Agustus 2015, laba Exxon turun lebih dari setengah, dengan penurunan terbesar dalam bisnis eksplorasi dan produksi, di mana pendapatan merosot hampir US$ 6 miliar. Sedangkan keuntungan Chevron jatuh 90 persen. Ini merupakan penurunan terburuk dengan kerugian US$2,22 miliar dari divisi eksplorasi dan produksi.
Kepala hubungan investor Exxon Jeff Woodbury, merespons bahwa perusahaan akan terus fokus pada efisiensi modal dan manajemen biaya. Sementara Direktur keuangan Chevron Pat Yarrington mengatakan, pihaknya berusaha untuk mencegah keluhan tentang manajemen biaya. Ia mengatakan, perusahaan telah memangkas sekitar US$3 miliar pengeluaran sepanjang tahun ini.
Selain itu, Exxon dan Chevron dan perusahaan lain seperti Royal Dutch Shell Plc telah mengambil tindakan yang lebih agresif. Jika Exxon dan Chevron melakukan efisiensi biaya, Shell akan memberhentikan 6.500 pekerjanya.

Tidak ada komentar: