BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 20 Juni 2013

Di Ujung Masa Jabatan, SBY Berharap Demokrasi Kian Matang

VIVAnews - Masa jabatan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono akan berakhir pada tahun depan atau 2014 mendatang.

Menurut pria yang akrab dipanggil SBY tersebut, Rabu 19 Juni 2013, sebelum habis masa baktinya, dirinya akan fokus pada empat hal yaitu bidang politik, ekonomi, sosial, dan hubungan internasional.

"Sebenarnya, telah ada yang dilaksanakan oleh bangsa ini. Tetapi, masih banyak yang belum kita capai. Oleh karena itu, saya akan membatasi kira-kira tugas besar apa saja yang harus diselesaikan di akhir masa bakti saya," ujar SBY di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan.

Menurut SBY, saat ini, ekonomi global Indonesia belum terbebas dari resesi. Maka dari itu bukan hanya pemerintah yang bertugas untuk menyelamatkan, tetapi semua warga Indonesia agar bisa mendukung dalam menyelamatkan perekonomian Indonesia.

"Kalau DPR melakukan perubahan APBN untuk menyelamatan fiskal dan kita berharap itu akan menjadi agenda kuat untuk dua tahun lagi. Agar, nanti lebih bisa membangun perekonomian kita. Apa yang bisa kita selesaikan, harus diselesaikan sekarang," ujarnya.

Selain itu, kata SBY, dari segi politik Indonesia diharapkan bisa menjadi negara demokrasi yang lebih matang. Walau pun, hal itu akan memakan suatu proses yang sangat panjang bahkan hingga bertahun-tahun.

"Untuk menjadi harapan kita agar demokrasi di Indonesia semakin matang. Ini perlu suatu proses konsolidasi, mudah-mudah dalam waktu 10-15 demokrasi kita akan menjadi semakin matang dan semakin terkonsolidasi," tutur SBY. (eh)

Tidak ada komentar: