BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 20 Juni 2013

Massa Unjuk Gigi di Dilmil: Hidup Kopassus!

Bagus Kurniawan - detikNews

Yogyakarta - Menjelang sidang, puluhan orang dari berbagai ormas menggelar aksi di depan Pengadilan Militer Yogyakarta, tempat persidangan kasus Cebongan. Mereka menyatakan dukungannya terhadap prajurit Kopassus yang kini statusnya menjadi terdakwa.

Massa mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Sipil Tolak Intervensi dan Propaganda Kebebasan HAM. Dari atribut dan seragam tampak mereka mereka berasal dari Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB), FKPPI, dan beberapa organisasi. Massa berseragam organisasi dan membawa spanduk dukungan terhadap Kopassus. Salah satunya bertuliskan "Brantas Premanisme Junjung Tinggi Supremasi Hukum".

"Hidup Kopassus! Hidup Kopassus!" teriak massa di depan Pengadilan Militer, Jl Perempatan Ring Road Timur Banguntapan, Bantul, Kamis (20/6/2013).

Koordinator aksi, Doni Manurung, menyatakan pihaknya mendukung penuh proses persidangan secara objektif dan tidak didikte pihak mana pun. "Kami minta majelis hakim memberikan hukuman seadil-adilnya," katanya di lokasi aksi.

Hingga kini, massa masih terus unjuk gigi. Tak tampak ada pengawalan ketat. Polisi dan TNI hanya mengawasi.

Dalam sidang perdana, ratusan personel TNI dan Polri berjaga ketat di sekitar Pengadilan Militer (Dilmil) Yogyakarta. Pengamanan dibagi dalam ring 1, ring 2 dan ring 3. Di lokasi telah disiapkan 2 mobil baraccuda, 1 kendaraan taktis dan 1 mobil Jihandak.

Tidak ada komentar: