Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Mataram (ANTARA News) - Komisi II DPR-RI melalui Wakil Ketua Mustafa
Kamal berharap Ombudsman lebih menggalakkan sosialisasi kepada
masyarakat untuk memperkenalkan tujuan pembentukan lembaga tersebut.
"Nantinya, jika hal ini dilakukan, produktivitas kita sebagai
sebuah negara menjadi lebih tinggi karena memiliki pelayanan publik yang
bagus. Ini juga berdampak ke kesejahteraan masyarakat," kata Mustafa
Kamal kepada wartawan di Mataram, Senin.
Selain itu, pemerintah juga membutuhkan masukan dari lapangan
melalui Ombudsman terkait persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.
"Ombudsman ini kan yang kerja di lapangan, paling tahu kondisi, apa saja
yang harus dibenahi," ujarnya.
Oleh karena itu, Mustafa Kamal mengharapkan, Ombudsman bisa lebih
mengembangkan sayap-sayapnya untuk mengetahui persoalan yang terjadi di
tengah masyarakat sehingga dapat mengakses informasi lebih dekat lagi.
Ia juga berharap Ombudsman lebih mendekatkan diri ke masyarakat
dengan menempuh cara-cara yang baru. "Bisa saja dengan memanfaatkan
kemajuan teknologi, yang sifatnya interaktif," ucap Mustafa Kamal.
Dengan demikian, kata dia, tanpa bertemu langsung dengan si
pelapor, hal itu dapat dilaporkan langsung dengan memanfaatkan kemajuan
teknologi, seperti pengembangan "website".
"Dengan cara ini juga akan lebih mengirit biaya baik bagi si
pelapor atau pun dari pihak Ombudsman untuk turun ke lapangan, jadi bisa
lebih efisien," katanya.
Selain itu, ia juga berharap pihak Ombudsman dapat menyentuh para
generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah maupun perguruan
tinggi. "Seperti yang kita ketahui, generasi muda itu agent of change,
mereka ini yang nantinya bisa menyuarakan masalah pelayanan publik. INi
juga penting dalam pembangunan," ujarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar