BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 06 Desember 2011

Teten: Rekening PNS Miliaran, Fenomena Gayus

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Transparency International Chapter Indonesia, Teten Masduki menyatakan bahwa temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang PNS muda yang memiliki rekening gendut adalah fenomena Gayus Tambunan.
Dia menuturkan, dalam usia seperti mereka, yakni 30 tahun ke bawah tapi sudah mempunyai rekening miliaran itu menunjukkan kegagalan reformasi birokrasi.

"PPATK harus mengusut dari segi hukum, karena ini sangat tidak masuk akal kalau dilihat dari pendapatan mereka," kata Teten saat ditemui usai diskusi di Jakarta, Selasa 6 Desember 2011.

Teten mengakui, tidak menutup kemungkinan, menggemuknya rekening mereka adalah dari transaksi suap. Selain itu, bisa jadi PNS-PNS muda itu merupakan operator bos-bosnya.

"Ini mesti didorong dari segi proses hukumnya. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) jangan berhenti dengan mengungkapkan ini ke publik, tetapi harus diselesaikan," tuturnya.

Ketua Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW) 1998-2008 itu menuturkan, PNS-PNS itu bisa diberi sanksi administratif oleh atasannya yaitu dicopot dari jabatannya. Namun, dia sangsi, karena secara jujur ia curiga atasannya justru terlibat.

"Bayangan, saya anak muda ini jadi operator untuk mengatur bisnis-bisnis transaksi korupsi. Sebab, kalau dia langsung tidak mungkin karena belum punya kekuasaan," katanya.

Pria yang sekarang menjadi anggota Ombudsman Nasional itu mengungkapkan gagasannya untuk meminimalisir praktek korupsi di kalangan PNS.
Menurutnya, kasus ini harus terlebih dahulu dituntaskan karena jika dibiarkan maka akan memunculkan kasus-kasus serupa di kemudian hari.

"Yang ini dulu di-punish dengan hukuman yang sangat keras. Bawa pidana dan sanksi admistratif, copot jabatan. KPK harus proaktif meminta data itu ke PPATK," ujarnya. (eh)

Tidak ada komentar: