BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 21 Maret 2012

Amankan Demo BBM, Polri Libatkan TNI

VIVAnews - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menyatakan polisi siap mengamankan gelombang demonstrasi menentang rencana Pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), April mendatang. Bahkan, dia tidak ragu untuk melibatkan pasukan TNI.

"Semua tentu sudah disiapkan termasuk bantuan back up dari TNI," kata Timur saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Timur mengatakan pelibatan TNI itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, dinamika yang terus berkembang menyebabkan mereka harus menerapkan strategi pengamanan yang menyeluruh. "Tadi sudah dihitung dari sisi jumlah (personil) yang kurang termasuk ada peningkatan eskalasi."

Namun, dia menegaskan, polisi tidak akan bersikap represif terhadap para demonstran. "Silakan demo, tapi jangan melanggar hukum. Artinya demo yang memang sportif terus penyampaian aspirasi tidak harus merugikan masyarakat yang lain," ujarnya.

Dia berharap semua pihak dapat bekerja sama dengan baik sehingga masyarakat yang melakukan kegiatan sehari-hari tidak sampai terganggu.

Selain pengamanan demonstran, Timur menambahkan polisi juga siap mengamankan aksi-aksi curang para pedagang atau pengusaha yang memanfaatkan situasi ini, untuk kepentingan atau keuntungan pribadi.

"Kami siap apapun yang terjadi. Kalau melanggar hukum kita lakukan penegakan hukum, termasuk penimbunan BBM." (ren)

Tidak ada komentar: