BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 16 Maret 2012

Priyo: Demo Tolak Kenaikan BBM Jangan Anarkistis

Ferdinan - detikNews

Jakarta Gelombang demonstrasi menolak rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, makin meluas. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso meminta mahasiswa tidak bertindak anarkis saat berunjuk rasa.

"Saya mengimbau semua pihak untuk tidak berbuat berlebihan dalam beraspirasi. Silakan lakukan aksi protes kalau memang kebijakan pemerintah perlu dikritik termasuk kenaikan BBM, tapi jangan malah membuat kegaduhan," kata Priyo Budi Santoso kepada detikcom, Kamis (15/3/2012) malam.

Imbauan ini disampaikan Priyo menanggapi unjuk rasa yang berujung bentrokan dengan polisi. Selain itu, Priyo juga menyesalkan aksi penutupan jalan, penutupan SPBU termasuk menyandera truk tangki pengisi BBM.

"Jangan sampai kemudian merusak menggunakan kekerasan ataupun merugikan masyarakat lainnya, karena itu justru kontraproduktif dengan tujuan berdemo yaitu menyampaikan aspirasi," sambungnya.

Namun, Priyo juga mengingatkan agar aparat kepolisian tidak bertindak represif saat mengamankan demonstrasi. "Jangan represif karena akan menyulut persoalan baru. Menghadapi pendemo harus persuasif, jangan berlebihan karena itu akan memancing perlawanan baru dari demonstran," pungkasnya.

Seperti diketahui, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menutup paksa SPBU di Jalan Cikini Raya, Jakarta saat berunjuk rasa kemarin. Mereka melakukan aksi membakar ban di sebelah kiri SPBU sekitar 50 meter dari pom bensin.

Sehari sebelumnya kantor HMI di Cilosari 17, Cikini, Jakarta Pusat diacak-acak aparat Brimob setelah aksi unjuk rasa HMI menolak kenaikan harga BBM yang digelar malam hari dibubarkan paksa oleh polisi.

Tidak ada komentar: