BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 13 Maret 2012

Rapat BBM di Mabes TNI, Ini Alasan Hatta

VIVAnews - Jajaran Menteri, TNI dan Polri, melakukan rapat koordinasi untuk membahas rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan penimbunan BBM yang marak akhir-akhir ini. Rapat dilakukan di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam pertemuan yang berlangsung secara tertutup tersebut hadir Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Wakil Menteri Perhubungan, Kapolri Jendral Timur Pradopo, dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Namun, seberapa genting permasalahan BBM ini sehingga rapat koordinasi dilakukan di Mabes TNI?
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, beralasan bahwa rapat koordinasi itu dilakukan wajar saja dan tidak ada yang istimewa.

"Kita bicara sama TNI dan kita bicara dengan Polri, masa di sini? Apa salahnya di Mabes?" kata Hatta, ketika ditemui di kantornya, Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin malam, 12 Maret 2012.

Apa situasi sedemikian genting hingga dilakukan di Cilangkap? "Tidaklah. Tidak ada kaitannya dengan takut menakut. TNI ya di Mabes," jawab Hatta.

Menurutnya, rapat koordinasi itu dirinya mememberikan penjelasan tentang rencana pemerintah untuk melaksanakan perubahan Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2012. Di rapat itu memaparkan terkait anggaran kementerian dan lembaga yang kemungkinan dipotong serta alasannya.

"Bagian mana saja yang di potong, kenapa dipotong, kemudian kenapa kita harus memberikan bantuan langsung tunai sementara karena ada kenaikan BBM tersebut, betapa pentingnya itu untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat kita," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Hatta, dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, memaparkan cara agar tidak terjadi penyalahgunaaan terhadap BBM. Lalu, kata Hatta, selama periode ini jangan sampai ada penimbunan-penimbunan. "Itu tadi dari Menkopolhukkam," kata dia.

Penimbunan BBM Dilarang
Sementara itu, Hatta juga menegaskan, bahwa apapun bentuknya, penimbunan BBM itu dilarang. Sebab kuota BBM itu terbatas.

"Intinya nggak boleh, titik. Setiap daerah itu kuotanya terbatas, kalau semua menimbun tentu akan ada kelangkaan, kalau ada kelangkaan nanti ada keresahan, dan itu tidak boleh," kata Hatta. "Penimbunan itu tidak dibenarkan. Apalagi digunakan untuk berspekulasi."

Tidak ada komentar: