BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 14 Maret 2012

Pengamat: Penyimpangan Keimigrasian Tidak Bisa Ditolerir

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Jakarta Dengan sumber daya manusia dan bantuan teknologi bagus dalam pembuatan paspor, maka seharusnya penyimpangan di kemigrasian tidak bisa ditolerir. Pelanggaran keimgrasian disebut sebagai cerminan kondisi masyarakat Indonesia saat ini.

"Maka memang rasanya tidak bisa mentolerir penyimpangan yang dilakukan imigrasi," ujar pengamat hukum Universitas Indonesia (UI), Adrianus Meliala saat berbincang dengan detikcom, Rabu (14/3/2012).

Menurut Adrianus, masalah keimigrasian dibagi dua macam yaitu kejahatan keimigrasian dan kejahatan jajaran imigrasi. Pada kejahatan jajaran imigrasi dibedakan dua hal yaitu kesalahan dan pelanggaran.

"Misalnya kesalahan imigrasi dalam penanganan manusia perahu. Petugas imigrasi melakukan kesalahan dan akibatnya mereka diberi skors," terangnya.

Sedangkan pada pelanggaran keimigrasian terlihat pada pembuatan paspor palsu. Penyimpangan yang dilakukan oleh petugas imigrasi ini mencerminkan kondisi masyarakat sekarang.

"Kalu kita bisa dikatakan penyimpangan di masyarakat dan pelanggaran petugas imigrasi dan apa yang terjadi di imigrasi masih mencerminkan apa yang terjadi di masyarakat," jelasnya.

Seperti diketahui, Ditjen Keimigrasian dalam beberapa waktu terakhir disorot soal dugaan pemalsuan dokumen data perlintasan WN Singapura, Toh Ke Ng Siong, yang dilakukan oleh Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Rochadi Iman Santosa.

Tidak hanya itu, tingkah laku pegawainya juga diekspos oleh artis Hollywood Taylor Kitsch. Kitsch mengaku diperas oleh petugas Imigrasi Bandara Ngurah Rai, Bali pada acara talkshow David Letterman di televisi CBS.

Kitsch mendarat di Bali pada 1 Februari 2012. Ia berencana syuting film besutan Oliver Stone berjudul Savages di Nusa Tenggara Timur (NTT). Film itu dibintangi juga oleh John Travolta, Uma Thurman dan Salma Hayek. Ia meninggalkan Bali pada 11 Februari 2012.

Tidak ada komentar: