BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 26 Maret 2012

Polri: Silakan Demo tentang BBM dengan Baik & Santun

Reni Kartikawati - detikNews

Jakarta Polri mempersilakan warga berdemo mengungkapkan ketidaksetujuannya tentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan berdemonstrasi. Namun, Polri mengimbau semua itu dilakukan dengan cara yang santun dan tidak anarki.

"Kita masih ingat, contoh, baru beberapa hari yang lalu di Makassar, itu kan tidak ada konteks, kenapa harus penguasaan SPBU, penguasaan mobil tangki, apalagi mobil truk yang bawa gas dan Coca Cola juga dilakukan penjarahan. Itu sangat disayangkan. Kita melakukan proses demonstrasi ini secara baik dan santun," jelas ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri (KaroPenMas) Brigjen Mochamad Taufik.

Hal itu disampaikan Taufik saat Jumpa Pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Minggu (25/03/12).

Polri pun mengimbau pada masyarakat agar melaksanakan kebebasan berpendapat itu sesuai Undang-undang dan aturan yang berlaku.

"Saya ingin mengajak, mengimbau, melaksanakan, hak kebebasan berpendapat itu sebagaimana diatur dalam UU disampaikan dalam situasi yang santun yang tidak melakukan kegiatan-kegiatan pelanggaran hukum, apalagi kegiatan yang anarkistis," ajak Taufik.

Konsentrasi massa dalam jumlah besar, imbuhnya, kerawanannya sangat tinggi dan mudah terpancing melakukan tindakan-tindakan yang anarki.

"Oleh karena itu para pelaksana di lapangan dari semua elemen yang ada yang akan turun melaksanakan unjuk rasa penolakan BBM, bisa mengawasi dan mengendalikan anggotanya masing-masing. Kan ada penanggungjawab, ada ketua ada koordinator dan sejenisnya itu," jelas Taufik. 

Tidak ada komentar: