Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan diumumkan Jumat (21/6) malam ini.

"Akan diumumkan bersama, sebanyak-banyaknya menteri hadir. Tempatnya sedang dipikirkan di mana," kata Jero Wacik kepada wartawan di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (21/6) seperti dikutip dari laman setkab.go.id.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana, di tempat yang sama mengatakan  bahwa pengumuman kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan diumumkan hari ini oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik.
Menurut Jero Wacik, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden sudah menginstruksikan dirinya mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM mengenai pengumuman kenaikan harga itu.

"Sudah ada Keppres, bahwa urusan harga BBM diserahkan pada Menteri ESDM," jelas Jero Wacik.

Terkait dengan pengumuman kenaikan harga BBM itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana mengatakan, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sudah siap untuk ditransferkan kepada 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS) sehari setelah pengumuman kenaikan harga BBM, yaitu pada Sabtu (22/6) besok.

Menurut Armida, untuk tahap awal  BLSM siap diberikan untuk RTS di 14 kota besar di Indonesia. Sedangkan untuk kota Bandung, BLSM diberikan pada hari Senin (24/6).

"BLSM sudah siap di hari Sabtu (22/6) di 14 kota besar, minus Bandung ya. Bandung hari Senin ya," tegas Armida.

Ia menjelaskan, bahwa BLSM tahap pertama diberikan hingga bulan Juli 2013. Sementara BLSM tahap II diberikan di 33 provinsi dan tahap III mencakup kabupaten/kota.

"BLSM itu bertahap ya sampai Juli, 14 kota besar dulu. Yang berikutnya mencakup 33 provinsi pada tahap dua, tahap tiga itu kabupaten kota," pungkas Armida.