BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 11 Juli 2014

Jimly: Jangan Dulu Buat Syukuran dan Merasa Menang, Tunggu Hasil KPU

M Iqbal - detikNews

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie meminta kedua pasangan calon untuk sabar menunggu hasil resmi KPU. Jangan dulu ada perayaan kemenangan.

"Jangan dulu buat syukuran. Jangan dulu merasa menang, tapi juga jangan dulu merasa kalah, prosesnya masih panjang," kata Jimly di kantornya Jalan MH Thamrin, Jakpus, Kamis (10/7/2014).

Jimly mengkritik model klaim kemenangan dari hasil quick count yang dirilis berulang stasiun TV, seolah lembaga survei itu sudah betul-betul kredibel dan hasilnya bisa dijadikan rujukan awal.

"Siapa bisa menjamin 8 lembaga survei lebih benar daripada yang 4. Jadi semua pihak harus legowo untuk bersikap. Biar rakyat yang menilai lembaga survei mana yang kredibel. Maka kita jangan menilai dulu, biar etika yang tentukan nanti," paparnya.

Jimly menuturkan, dengan belum tentu terujinya kredibilitas lembaga survei, maka kedua pasangan capres harusnya bisa sabar dan tidak 'memprovokasi'.

"Tunggu dulu keputusan real count KPU. Siapa nanti yang akan menang pasti akan menang, yang kalah pasti kalah. Proses ini sama pentingnya dengan hasil," tegas mantan ketua MK itu

Tidak ada komentar: