BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 10 September 2014

Ingin Pilkada Lewat DPRD, Gerindra Janji Tetap Dengar Suara Rakyat

Ferdinan - detikNews

 Jakarta - Partai Gerindra memilih mendukung pelaksanaan Pilkada melalui DPRD. Meski calon kepala daerah tidak lagi dipilih langsung, Gerindra memastikan tetap mendengar suara masyarakat saat pemilihan.

"Nggak mungkin saya menjadi anggota dewan di satu daerah memilih calon kepala daerah yang tidak disukai masyarakat. Tentunya partai melalui perwakilannya di dewan akan tetap mendengar suara masyarakat untuk memilih kepala daerah yang terbaik," kata Wakil Ketum Partai Gerindra Edhy Prabowo saat dihubungi Selasa (9/9/2014) malam.

Edhy menyebut tidak ada jaminan kepala daerah yang dipilih DPRD tidak akan berkualitas. Menurut dia, parpol akan tetap memilih calon yang terbaik dari daerah.

"Jangan khawatir tentang output, jangan pikir semua calon itu dari partai. Parpol ini punya tugas mencetak pemimpin, jadi bila ada orang yang potensial tentunya parpol akan mempertimbangkan," tutur Edhy.

Soal RUU Pilkada yang digodok di DPR, Edhy mengapresiasi kekompakan parpol Koalisi Merah Putih. Menurutnya, kesamaan pandangan soal RUU Pilkada menunjukkan kesolidan parpol koalisi.

"Koalisi Merah Putih berkomitmen dari awal di parlemen harus berjalan positif, harus berjalan terus dan saat ini kita berenam kompak terus," ujar Edhy.

Saat ini ada dua opsi terkait pelaksanaan Pilkada. Pilkad langsung didukung pemerintah, PDIP, PKB, Hanura Sedangkan Pilkada lewat DPRD diusung Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PPP, Gerindra.

Sementara DPD menginginkan Pilgub langsung, sedangkan Walikota dan Bupati dipilih melalui DPRD.

Tidak ada komentar: