BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 16 November 2011

Ketua Komisi III: Jual Beli Kamar di Rutan Bukan Barang Baru

Hery Winarno - detikNews


Jakarta - Beredarnya Video 'kerasnya' Rutan Salemba ternyata ditanggapi santai oleh Komisi III DPR. Menurut Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman, apa yang ada dalam video rekaman eks napi Syaripudin S Pane itu, bukan hal baru.

"Ini bukan fakta baru, itu fakta lama. Tapi kenapa tidak ada perubahan? Tanya menteri hukum dan HAM," ujar Benny kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Menurut Benny, komisi hukum DPR telah banyak memberi masukan kepada Kemenkum HAM mengenai praktik kotor tersebut. Namun seringkali masukan tersebut tidak digubris.

"Karena itu, kita meminta Kemenkum HAM dan Wamennya kini lebih responsif terhadap situasi di lembaga pemasyarakatan kita," ujarnya.

"Menteri hukum dan HAM itu tahu persis soal transaksi kamar mewah karena mantan pengacara, kehadiran beliau harapannya bisa mengubahnya, dan DPR akan mendukung," imbuhnya.

Sebelumnya eks napi Syaripudin S Pane memvideokan kehidupan di Rutan pada 2008 saat dia dipenjara karena kasus pemalsuan dokumen. Syaripudin memvideokan dengan telepon genggam. Dalam video itu ditampilkan dugaan pungli di Rutan Salemba, mulai dari tarif berbagai fasilitas AC, TV, kulkas hingga fasilitas nyaman di tahanan.

Tidak ada komentar: