BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 16 Desember 2011

Ani Tak Jadi Capres, SBY Lapangkan Jalan Hatta

INILAH.COM, Jakarta - Keputusan Presiden SBY tidak mendorong Ibu Negara Ani Yudhoyono menjadi calon presiden atau wakil presiden pada 2014 menuai pujian.

Penegasan SBY yang disampaikan dalam acara Saresehan Partai Demokrat, Kamis (15/12/2011) malam di Kemayoran, Jakarta menunjukkan sikap kenegarawanan.

"Kita patut mengapresiasi keputusan SBY dan keluarga, itulah sikap negarawan yang menginginkan adanya regenerasi kepemimpinan nasional," terang analis politik Developing Countries Study Centre (DCSC) Abdul Hakim, Jumat (16/12/2011).

Meskipun keputusan tersebut memunculkan dugaan bahwa SBY ingin memberikan jalan bagi besannya, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, namun menurutnya, SBY tunjukkan tidak mau melanggengkan kekuasaan.

"Memberi kesempatan kepada figur lain seperti Hatta Rajasa atau yang lainnya tentu lebih elegan ketimbang memaksakan istri menjadi capres," terangnya.

Seperti diberitakan, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan Ani Yudhoyono tidak akan maju sebagai capres pada 2014.

"Apakah Ibu Ani akan maju atau Ibu Ani akan diusung Partai Demokrat? Maka saya pastikan, 100 persen tidak ada niat sama sekali," tegas SBY. [mah]

Tidak ada komentar: