Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa dipastikan menjadi calon presiden dari partai berlambang matahari itu. Kepastian itu dikatakan oleh anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PAN, Yahdil Abdi Harahap kepada ANTARA News, Jakarta, Senin.

"Ya, pasti Pak Hatta Rajasa diusung menjadi capres pada Pilpres 2014 mendatang dan itu akan diputuskan pada Rakernas PAN 9-11 Desember 2011 yang akan berlangsung di Kemayoran, " kata Yahdil.

Yahdil menambahkan, secara fatsun politik, ketua umum sebuah partai politik biasanya menjadi calon presiden.

"Diusungnya Pak Hatta sebagai capres merupakan aspirasi dari teman-teman di bawah dan juga pengurus Dewan Pimpinan Daerah PAN dimana teman-teman menilai sudah saatnya Hatta Rajasa  maju sebagai calon presiden," kata Yahdil.

Ia menilai, Hatta Rajasa sudah layak menjadi orang nomor satu di Indonesia, apalagi menurut survei yang dilakukan Jaringan Survei Indonesia (JSI), popularitas Hatta berada di urutan dua atau tiga secara nasional.

"Seluruh keputusan politik di Indonesia, pak Hatta tahu semuanya.Pengalaman yang dimiliki Hatta Rajasa,sudah banyak dan tak diragukan lagi. Beliau pernah menjadi menteri empat kali. Bekal pengalaman itu, mampu untuk menjadikan Hatta sebagai orang nomor satu," kata anggota DPR RI asal daerah pemilihan Sumatera Utara II itu.

Dengan diusungnya Hatta Rajasa sebagai calon presiden sejak dini, otomatis akan membuat seluruh kader PAN akan bekerja lebih keras sejak awal.

"Dari partai menengah ke partai yang lebih besar, maka kader harus berjuang keras sehingga Hatta Rajasa bisa menjadi calon presiden dan menjadi presiden," katanya.(zul)