Pekanbaru (ANTARA News) - Beberapa aktivis dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Cabang Pekanbaru, Riau, menggelar aksi belasungkawa dan penghormatan terhadap Sondang Hutagalung, pelaku pembakaran diri di depan Istana Presiden RI.

"Aksi ini sengaja kami lakukan untuk memberi dukungan sekaligus penghormatan terhadap pelaku pembakaran diri di depan Istana Negara RI, Sondang Hutagalung beberapa hari lalu. Penghormatan ini juga sudah kami lakukan sejak semalam (Senin 12/12)" kata Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Pekanbaru, Josh Dowel, Senin.

Menurutnya, kasus pembakaran diri oleh Sondang merupakan bentuk kekecewaan masyarakat terhadap pemerintah.

"Untuk itu, kami juga meminta agar pemerintah kedepannya lebih merakyat. Berikan kemudahan-kemudahan yang memang haknya rakyat," tuturnya. Aksi pembakaran diri itu juga merupakan gambaran suram negeri ini, katanya.

"Kami juga mengharapakan, Sondang yang melakukan pembakaran diri dipandang sebagai korban bukan pelaku. Dia adalah lambang kekesalan masyarakat terhadap pemerintah," sambung Sekretaris GMNI Cabang Pekanbaru, Royan Suryasepta.