BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 05 Desember 2011

Menag Akui Ada Suap di Perizinan Haji

INILAH.COM, Jakarta - Praktik suap dalam penyelenggaraan haji di Kementerian Agama (Kemenag) dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, khususnya terjadi pada tahap pelayanan perizinan haji. Praktik suap salah satunya disebabkan karena ketidakjelasan aturan haji.

"Kebanyakan masyarakat pengguna pelayanan perizinan haji itu memberikan uang kepada oknum, kira-kira begitu. Nanti saya akan benahi itu dengan aturan yang lebih jelas," jelas Menteri Agama, Suryadharma Ali, usai bertemu pimpinan KPK, M Yasin, Jumat (2/12/2011) sore.

Sebelumnya, dalam survei integritas oleh KPK, terlihat kementerian ini memiliki tingkat integritas yang lemah. Salah satunya dalam penyelenggaraan ibadah haji. Namun, Menag tidak melihat survei Integritas 2011 itu sebagai hal yang negatif.
"Saya menerima hasil survei itu dan KPK menjelaskan survei ini dilakukan semata-mata atas kecintaannya ataspada Kemenag. Survei ini adalah dalam rangka program pencegahan," tandasnya.

Karenanya pihaknya berjanji akan melakukan pembenahan secara menyeluruh agar praktik dugaan suap oleh oknum-oknum Kemenag itu ke depan tidak terjadi lagi. Bagaimana caranya, Menag mengaku masih mencari formulanya. [tjs]

Tidak ada komentar: