BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 20 Desember 2011

SBY: Hapus Regulasi Penghambat Penyerapan Anggaran

INILAH.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta tak ada lagi aturan atau kebijakan yang dikeluarkan yang justru bisa menghambat penyerapan dan penggunaan anggaran yang sudah dialokasikan untuk kementrian dan lembaga negara.

Presiden SBY mengaku masih mendapat keluhan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang sulit menggunakan anggaran untuk melakukan pembangunan karena terbentur aturan dan prosedur.

"Kalau kita tahun ada regulasi yang menghambat jangan dibiarkan. Mari kita duduk bersama untuk mencari solusi ini," ujar SBY di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/12/2012).

Presiden pun memberi waktu tiga bulan untuk membenahi hal tersebut. "Akhir Maret saya tidak mau mendengar ada regulasi yang mengunci pengguanaan anggaran," tandasnya.

Presiden juga memerintahkan, para menteri, gubernur, dan pimpinan lembaga pemerintah non kementrian (LPNK) untuk melakukan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan pengunaan anggaran tersebut.

"Suatu saat jika sistem sudah bagus, boleh lah sedikit kendur. Tapi tahun depan lebih ketat. Antara gubernur, bupati dan itu satu atap meskipun. Tidak bisa dikunci proses politik di daerah," pungkasnya. [lal]

Tidak ada komentar: